Senin, 03 Maret 2014

Buat Es Cream tanpa Kulkas--

Sahabat Orbit, selama ini kita tahu untuk membekukan es krim diperlukan lemari pendingin atau lemari es untuk membuat adonan es krim menjadi beku dan enak dimakan. Tapi ternyata ada lho cara membuat es krim tanpa harus dibekukan dalam lemari es. Yuk coba kita buat bersama-sama.
Pertama, kita harus menyiapkan bahan dan peralatan ini :
- ½ cangkir susu cair
- ½ cangkir krim kental, bisa kamu dapatkan di supermarket.
- ¼ cangkir gula
- ¼ sendok teh vanili atau penyedap vanili
- ½ gelas natrium klorida, atau bisa juga menggunakan garam
- 2 cangkir es batu
- 1 buah kantong bersegel ukuran 1 liter , kita sebut dengan plastik A.
- 1 buah kantong bersegel ukuran besar, kita sebut dengan plastik B.
- Termometer
- Mangkok plastik
- Sendok
- Cangkir

Setelah bahan dan alatnya siap kita bisa langsung membuat eskrim nya yuk.
Pertama, masukkan gula, susu cair, krim kental, dan vanili sesuai dengan takaran kedalam mangkok plastik. Campur semua hingga rata dan masukkan pada plastik A yang sudah disiapkan. Jangan lupa untuk menutupnya dengan rapat agar tidak tumpah. Pada plastik B kita masukkan es batu, gunakanlah termometer untuk mengukur suhu es tadi. Tambahkan natrium klorida atau garam kedalam nya dan setelah itu, kita bisa menaruh plastik A yang berisi adonan es krim tadi kedalam plastik B yang berisi es batu dan garam lalu tutup plastik B hingga rapat.
Setelah itu, kocoklah dengan perlahan plastik tadi dengan tanganmu. Sebaiknya tanganmu dilapisi dengan sarung tangan dulu agar tidak sakit karena dinginnya es. Kocok terus selama 10-15 menit hingga isi kantong A memadat menjadi es krim. Nah.. Setelah adonan es krim menjadi padat, buka segel plastik pembungkus dan pindahka adonan eskrim yang sudah padat tadi kedalam cangkir. Eskrim buatan mu siap untuk disantap deh.. :D
Membuat eskrim tadi bukan sulap atau sihir lho, tapi ada penjelasan ilmiahnya.
Biasanya kita menggunakan lemari es untuk membekukan adonan es krim. Nah, peran natrium klorida atau garam yang kita tambahkan pada es batu ini berperan sangat penting lho. Saat kita memasukkan garam kedalam es, suhu es batu tadi meningkat dan menjadikannya lebih dingin. Itu sebabnya saat kita mengocok adonan es krim pada kantong es dan garam tadi adonan menjadi cepat padat. Oke, sekarang waktunya menikmati es buatan sendiri.. Slurpp!
- See more at: http://orbitdigital.net/article/bikin-es-krim-tanpa-kulkas-bisa-banget-lho#sthash.Rx10G0CW.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar